free download anything you need

Pengertian E-mail dan Fungsinya

Pengertian E-mail dan Fungsinya

Pengertian email dan fungsinya

Apa Pengertian dari E-mail ?

E-mail atau Electronic Mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui media internet.

Syarat untuk bisa menggunakan e-mail ada 2, yakni koneksi internet dan alamat e-mail. Alamat e-mail umumnya bisa didapatkan secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar jika pengguna memerlukan kapasitas yang lebih besar. Saat ini layanan penyedia e-mail gratis yang populer adalah Yahoo dan Google. Di dalam suatu alamat e-mail terdapat 2 identitas yang dipisahkan dengan tanda @. Di sebelah kiri tercantum username sedangkan di sebelah kanan merupakan nama domain penyedia layanan e-mail. Ide penggunaan icon @ ini diperkenalkan oleh Ray Tomlinson, sang pelopor sejarah email atau lebih tepatnya, ia adalah penemu dari e-mail ini.

Contoh Alamat E-mail

jemikanegara@yahoo.com
jemika_negara@yahoo.com
jemika.negara@gmail.com
jemika2398@hotmail.com

Apa Fungsi E-mail ?

Fungsi utama dari e-mail adalah untuk mempermudah kegiatan manusia dalam hal surat-menyurat. Selain itu ada banyak kelebihan yang ditawarkan e-mail dibandingkan dengan surat pos biasa.

Murah
Sudah jelas e-mail menjadi sarana surat menyurat yang murah, karena untuk menggunakannya, para pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan alamat e-mail saja.

Cepat
Tidak seperti surat pos biasa yang memerlukan waktu berhari-hari untuk sampai ke tujuan, e-mail mampu mengirimkan surat pengirim kepada penerima surat dalam hitungan detik.

Praktis
Selain mudah digunakan, pengguna juga tidak perlu pergi ke kantor pos untuk melakukan kegiatan surat-menyurat.

Aman
E-mail memiliki tingkat keamanan yang lebih baik daripada surat pos biasa, karena surat yang dikirimkan akan langsung sampai tujuan.

E-mail ini bisa dibilang sebuah penemuan yang sangat bernilai, bagaimana tidak, hampir semua aktivitas internet membutuhkan e-mail, terutama para blogger dan pemakai sosial media. Tanpa e-mail, kita tidak bisa mendaftarkan akun baru, sadar atau tidak, dimasa sekarang fungsi e-mail bukan hanya sebagai sarana berkirim pesan atau surat, melainkan juga sebagai alamat dan identitas seseorang di dunia maya.



Artikel ini bebas di copy paste untuk keperluan tugas atau kepentingan apapun, tetapi tetap dimohon untuk mencantumkan link artikel atau nama penulis untuk menghindari terdeteksinya duplicate content, terima kasih banyak sudah mau berkunjung di artikel Pengertian E-mail dan Fungsinya pada url http://jemikanegara.blogspot.com/2013/10/pengertian-e-mail-dan-fungsinya.html.
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg
Posted by Jemika Negara, Published at Thursday, October 10, 2013 and have 0 comments

No comments: